Fakta-fakta Menarik Seputar Ibadah Haji

by
May 29th, 2015 at 8:47 am

CiriCara.com – Ibadah haji merupakan ibadah wajib bagi kaum muslimin yang mampu. Dan perintah tentang ibadah haji tercantum dalam Al Qur’an, kitab suci umat muslim. Ada beberapa surat dalam Al Qur’an yang berisi tentang haji. Salah satunya adalah surat Ali Imran, ayat 97.

ibadah haji

Haji – Ist

Dalam surat Ali ‘Imran ayat 97, Allah SWT berfirman, “Padanya terdapat tanda-tanda yang nyata, (di antaranya) maqam Ibrahim, barangsiapa memasukinya (Baitullah itu) menjadi amanlah dia, mengerjakan haji adalah kewajiban manusia terhadap Allah, yaitu (bagi) orang yang sanggup mengadakan perjalanan ke Baitullah. Barangsiapa mengingkari (kewajiban haji), maka sesungguhnya Allah Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam,”

Nabi Muhammad pun dalam salah satu haditsnya seperti yang diriwayatkan, Imam Ahmad bersabda, “Hendaklah kamu bersegera mengerjakan haji, maka sesungguhnya seseorang tidak tidak akan menyadari, sesuatu halangan yang akan merintanginya”, (H.R. Ahmad).

Jadi ibadah haji adalah salah ibadah terpenting umat Islam. Ibadah haji, adalah rukun Islam kelima, yang diyakini kaum muslim adalah rukun yang harus diyakini dan wajib dilaksanakan. Maka, berbondong-bondonglah umat Islam dari seluruh dunia, datang ke Mekkah, tempat semua prosesi ibadah haji dilaksanakan. Jumlahnya, jutaan orang yang datang ke Mekkah, untuk mengagungkan asma Allah SWT.

Dan, Ka’bah, adalah bangunan suci yang jadi sentral dari semua prosesi ibadah haji. Indonesia, adalah salah satu negara yang paling banyak mengirimkan jemaah haji ke Mekkah. Namun, agar ibadah haji benar-benar teratur, pemerintah Arab Saudi, sebagai negara yang memiliki otoritas di Mekkah, memberlakukan sistem kuota. Jadi tiap negara, jumlah jemaah hajinya berbeda-beda, tergantung kuota yang diberikan pemerintah Arab Saudi.

Berikut fakta-fakta menarik seputar ibadah haji. Fakta yang pertama, kaum muslim yang datang berbondong-bondong ke Mekkah, pada musim haji datang dari 188 negara. Fakta kedua soal air zamzam, air khas yang kerap dibawa sebagai oleh-oleh dari Mekkah. Tercatat 20.760.000 liter air jam yang didistribusikan selama musim ibadah haji.

Fakta ketiga mengenai Ka’bah. Seperti diketahui, setiap tahun kiswa atau kain pelindung Ka’bah diganti. Dan kain pengganti terbuat dari sutra. Diperlukan 700 kilogram sutra untuk digunakan dalam membuat kiswa atau kain penutup Ka’bah. Nah, kain penutup Ka’bah ini dikerjakan oleh 240 perajut atau pekerja, dan menghabiskan biaya sekitar 60 milyar.

Fakta keempat soal putaran uang yang bergerak dalam bisnis, selama 10 hari musim haji. Tercatat Rp.100 triliun uang yang berputar dalam bisnis selama 10 hari musim haji. Jumlah yang sangat fantastis.

Dan fakta kelima, terdapat 45.000 tenda berpenyejuk udara dan anti api yang disediakan untuk jemaah haji di Mina. Fakta keenam, pemerintah Arab Saudi mengerahkan 45 helikopter dan 100 unit patroli. Fakta ketujuh, Arab Saudi menyiapkan 18.000 staf dan petugas keamanan untuk menjamin kelancaran ibadah haji. Fakta kedelapan, terdapat 5000 CCTV yang merekam berbagai aktivitas di ruang publik. Dan fakta kesembilan, ada 1 juta lebih domba pada akhir musim haji yang jadi hewan kurban para jemaah.

Sumber : Majalah Tempo

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini