Indonesia, Surga Pengunduh Lagu Ilegal

by
June 1st, 2015 at 10:41 am

CiriCara.com – Penghargaan pada hak cipta ternyata, belum jadi budaya di tengah masyarakat Indonesia. Indonesia, masih jadi negara surga bagi produk-produk bajakan. Namun, itu juga tak lepas dari daya beli masyarakat yang bisa dikatakan belum semampu negara-negara lain. Disamping, masih rendahnya budaya penghargaan terhadap hak cipta suatu produk. Diperparah lagi, lemahnya penegakan hukum di negeri ini.

Headset

Pakai Headset – Ist

Maka, sudah jadi pemandangan biasa, di mall-mall atau di pusat perbelanjaan, ada gerai yang khusus menjual DVD bajakan. Dan, peminatnya cukup banyak. Dengan harga yang miring, bahkan jauh dari harga produk aslinya, pembeli sudah bisa membawa pulang DVD incarannya dan dengan kualitas yang sudah lumayan baik.

Baru-baru ini, Presiden Jokowi telah memerintahkan kepolisian untuk all out memerangi praktek pembajakan. Tapi Presiden asal Solo itu meminta, agar kepolisian tak hanya menindak pedagang-pedagang kecil produk bajakan. Namun yang harus ditindak adalah ‘pemain’ besar di bisnis produk bajakan.

Kembali lagi ke budaya penghargaan terhadap hak cipta yang masih rendah, kita harus mengakui, itu yang membuat bisnis bajakan tetap menggeliat. Di dunia maya pun, praktek mendapatkan produk atau data lewat cara ilegal masih jadi favorit. Salah satunya, praktek Unduh lagu tak resmi yang masih tinggi.

Tentang ini, saya pernah membaca sebuah berita yang dimuat Tempo.co, salah situs berita terkemuka di Indonesia. Ada fakta dalam berita itu yang membuat saya cukup kaget. Dalam berita tersebut, diungkapkan sebuah fakta yang cukup mencengangkan, bahwa dalam setahun, sekitar 2,8 miliar lagu telah diunduh dengan cara ilegal. Bayangkan 2,8 miliar lagu diunduh dengan ilegal. Jumlah yang fantastis. Bahkan boleh jadi ini adalah salah satu rekor pengunduhan lagu ilegal terbesar di dunia.

Mengutip penjelasan Ketua Umum Asosiasi Industri Rekaman Indonesia (Asiri), Gumilang Ramadhan, yang jadi narasumber dalam berita tersebut, bahwa tiap bulannya, tercatat ada 237 juta lagu yang diunduh secara ilegal. Dan, tiap hari, ada sekitar 7 juta lagu yang diunduh secara ilegal.

Sementara dalam satu jam, menurut catatan Asiri, terdapat 330.000 lagu yang diunduh dengan ilegal. Sedangkan untuk tiap menitnya, Asiri mencatat, sekitar 5000-an lagu diunduh dengan ilegal. Dan setiap detik, ada 92 lagu yang diunduh secara ilegal.

Penulis: Agus Supriyatna

Comment di sini