Istana India ”Rashtrapati Bhawan” Punya 340 Ruangan

by
June 1st, 2015 at 2:27 pm

CiriCara.com – Jika Indonesia punya Istana Merdeka dan Istana Bogor, lalu Amerika Serikat memiliki Gedung Putih, bagaimana dengan istana kepresidenan India? Ternyata, istana nasional India adalah Rashtrapati Bhawan. Seperti apa istana negara yang ini dipimpin Pranab Mukherjee ini?

Rashtrapati Bhavan

Ist

Rashtrapati Bhawan adalah bangunan besar dan indah yang dulunya merupakan rumah gubernur jenderal, yang dibangun oleh desainer Edwin Lutyens antara tahun 1911 hingga 1916.  Gubernur Jenderal India saat itu adalah raja muda India yang pernah menjabat sebagai kepala administrasi Inggris sejak 1858 hingga 1947.

Kini, gedung Rashtrapati Bhawan dijadikan istana presiden India. Bangunan ini sangat besar dan megah, baik itu tangganya, langit-langit, ornamen, dan perabotan mewah untuk menyenangkan penghuninya. Bahkan, pemimpin India, Raja Irwin pernah kebingungan dan tersesat karena ada 340 ruangan di dalam gedung ini. Wow!

Di sisi lain, aktivis India yang terkenal dengan gerakan satyagraha, Mahatma Gandhi, pernah mengatakan pada Raja Irwin agar tak hidup terlalu mewah, dan lebih mementingkan pembangunan rumah sakit untuk rakyat kecil.

Rashtrapati Bhawan menjadi kediaman presiden dengan adanya Mughal Gardens yang indah. Seluruh kompleks menampilkan kombinasin gaya arsitektur yang menakjubkan. Bagian yang paling megah ialah Durbar Hall yang ada di bawah kubah utama. Durbar Hall adalah tampilan yang terbaik dari elemen arsitektur India dan Inggris. Uniknya, Mughal Gardens-lah yang menghidupkan nuansa Inggris di sini.

Di depan pintu masuk Durbar Hall, ada sebuah lonceng. Menurut desainernya, Edwin Lutyens, bunyi lonceng itu adalah tanda berakhirnya kekaisaran India. 16 tahun kemudian, India menjadi negara dengan kepala negara yang baru, yakni presiden.

Layaknya Istana Buckingham di Inggris, Rashtrapati Bhawan juga dilengkapi penjaga istana yang berseragam lengkap dengan kudanya. Unik, ya?

Jika Anda berminat mengunjungi istana ini, Anda dapat berkunjung di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu. Banyak wisatawan lokal ataupun mancanegara yang mengunjungi Rashtrapati Bhawan untuk mempelajari arsitekturnya yang menawan. Gedung megah ini dianggap sebagai jejak Kerajaan Inggris di India dan merupakan jantung kota Delhi. Bagaimana, Anda tertarik untuk mengunjungi istana ini?

Penulis: Khaeriya

Comment di sini